Surabaya – Entah apa yang ada di benak walikota Surabaya, sampai tak mengindahkan syarat adanya keramaian yakni, mengantongi izin dari kepolisian.

AKBP Wimboko Kasat Intelkam Polrestabes Surabaya menegaskan, kegiatan pertunjukan seni di alun-alun Surabaya yang sekiranya dilaksanakan 19 - 25 Agustus 2020 tidak mengantongi izin dari kepolisian.

"Kegiatan tersebut tidak ada izin sama sekali. Pemberitahuan dari pemkot Surabaya juga tidak ada," tegas Wimboko, Jumat (21/8/20).

Wimboko menjelaskan, karena tidak ada izin polisi dan koordinasi dengan polisi secara resmi maka tidak ada anggota polisi yang diploting untuk mengamankan acara yang sudah terselenggara dua hari itu.

“Dan seandainya mengajukan izin, Polrestabes Surabaya tidak akan mengizinkan karena acaranya mengundang kerumunan,” imbuhnya.

Akhirnya pemkot Surabaya menunda pertunjukan seni di alun-alun Surabaya. Penundaan dilakukan setelah melihat dan mengevaluasi animo yang cukup besar untuk menyaksikan pertunjukan di Kawasan Balai Pemuda itu selama dua hari.

Penundaan dilakukan untuk pertunjukan seni, sedangkan alun-alun Surabaya tetap dibuka dengan membatasi pengunjung.